Minggu, 18 November 2007

Alat-alat Teknologi dan Informasi

Seratus lima puluh tahun yang lalu, orang-orang mungkin akan terkejut jika mereka tahu bahwa manusia dapat berbicara dengan orang lain yang terpisah jaraknya hingga ribuan kilometer, menerima gambar di rumah sendiri dari ruang angkasa, dan juga mengirim pesan atau gambar dengan cepat dari satu tempat lain.
Hari ini kita menggunakan arus listrik dan gelombang elektro magnetik untuk mengirim dan menerima pesan, seperti telepon, faksimili, radio, televisi, dan komputer. Metode mengirim dan menerima pesan ini disebut telekomunikasi.



1. Telepon
Seratus tahun yang lalu, seorang ilmuan Amerika bernama Alexander Graham Bell percaya bahwa aliran listrik dapat digunakan untuk membawa suara ketempat yang sangat jauh. Akhirnya setelah beberapa tahun bekerja keras, Bell menemukan jawabannya. Penemuannya merupakan jenis telepon yang pertama. Penamuannya mengubah kehidupan manusia.
Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi. Setiap gelombang bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melalui kabel. Ketika kita berbicara menggunkan telepon, gelombang bunyi dari suara kita membuat suatu piringan diafragma yang bergetar sangat cepat.diafragma akan menekan butir karbon yang berada di belakang piringan ketika bergerak masuk (mengempis) dan akan saling menutup satu sama lainnya.
Dari kejadian ini, arus listrik akan lebih mudah mengalir melewati karbon. Dan jika diafragma bergerak keluar (mengembang), arus listrik menjadi lebih lemah. Perubahan arus listrik ini terjadi sangat cepat, sekitar seribu kali perdetiknya. Arus listrik mengalir sepanjang kabel hingga diterima oleh daun telinga telepon lainnya.
Ketika arus listrik mengalir pada kabel, magnet listrik (electromagnet) menekan diafragma di dalam daun telinga telepon penerima. Arus listrik menjadi kuat atau lemah dan diafragma bergerak mengebang atau mengempis. Perubahan ini membuat getaran udara yang menghasilkan gelombang bunyi yang dapt didengar oleh kita.

2. Radio
Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat melalui udara dan ruang hampa udara. Gelombang radio adalah suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF).
Gelombang radio memiliki jangkauan 10 hertz hingga beberapa gigahertz. Yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio adalah sinar gamma, sinar x, inframerah, ultraviolet, dan cahaya tampak.ketika gelombang radio melewati kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik akan mempengaruhi arus bolak-balik dan tegangan pada kabel. Peristiwa ini dapat menghasilkan sinyal audio pembawa informasi. Informasi inilah yang sering kita dengar di radio
Radio petama kali digunakan untuk mengirimkan pesan telegraf dengan menggunakan kode morse oleh angkatan perang. Radio pun digunakan untuk memberikan perintah dan komunikasi antara angkatan darta dan angkatan laut pada perang dunia ke-2 dengan populernya pesawat radio, siaran mulai dilakukuan pada tahun 1920-an, terutama di Eropa dan Amerika Serikat.



3. Televisi
Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi menangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang memiliki arti jauh (jauh) dan tampak (vision). Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh.penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda karena mampu merubah dunia.

Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak yang terlibat baik perorangan maupun badan usaha.penemuan televisi tidak dapat dipisahkan dari penemuan hukum dasar gelombang eletromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831). Berikut sejarah perkembangan televisi dari tahun ke tahun
a.1876 - George Carey menciptakan selenium camera yang dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik.
b.1884 - Paul Nipkov seorang ilmuan Jerman berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
c.1888 - Frederich Reinitzeer seorang ahli botani Austria menemukan cairan kristal (liquid crystals) yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan LCD.
d. 1897-Tabung Sinar Katoda(CRT) kali pertama diciptakan oleh ilmuwan Jerman bernama Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar jika terkena sinar. Penemuan inilah yang menjadi dasar pembuatan televise layar tabung.
e. 1900 - Istilah televisi kali pertama dikemukakan oleh Constantin Perskyl dari Rusia pada era acara International Congres Elestricity di Paris, Perancis.
f. 1907 - Percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar dilakukan oleh Campbell Swinton dan Boris Rosing.
g. 1927 - PhiloT. Farnsworth seorang ilmuwan Amerika Serikat, mengembangkan televise modern pertama ketika berusia 21 tahun. Gagasanya mengenai image dissector tube menjadi kerja televisi.
h. 1929 - Vladimir Kosma Zworukin dari Rusia berhasil menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescupe. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT.
i. 1940 - Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi 343 garis.
j. 1958 - Sebuah karya tulis ilmiah tentang LCD sebagai tampilan kali pertama dikemukakan oleh Dr. Glenn Brown.
k. 1964 - Prototipe sel tunggal televisi pertama kali pertama diciptakan oleh Donald Bitzer dan Gene Slottow.
l. 1967 - James Fergason menemukan teknik taisted neumatic yang digunakan sebagai layar LCD yang lebih praktis.
m. 1968 - Layar LCD kali pertama diperkenalkan RCA yang dipimpin oleh George Heilmeier.
n. 1975 - Larry Weber dari universitas Illonois mulai merancang layar plasma berwarna.
o. 1979 - Para ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menemukan tampilan jenis baru organic led diode (OLED).
p. 1981 - Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi ADTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.
q. 1987 - Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display kali pertama.
r. 1995 - Setelah puluhan tahun melkukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Webber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang.
s. Dekade 2000 - Semua jebis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, plasma, maupun CRT terus mengeluarkan produk terbarunya yang lebih sempurna dari sebelumnya.

4. Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi, menyimpan dan menghitung data. Pada awalnya, kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat Bantu. Akan tetapi, kini komputer banyak digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan matematika.

a.Cara Kerja Komputer
Pada dasarnya perangkat computer terbagi menjadi dua bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat keraqs dan perangkat lunak. Perangkat keras, yaitu bagian-bagian yang membentuk satu prangkat komputer. Misalnya, keyboard, monitor, mouse, printer, scanner, dan CD writer. Semua perangkat keras tersebut berada diluar casing. Perangkat lunak (software), yaitu sebuah intruksi atau program yang membuat computer bekerja.

Ketika dihidupkan, computer mmerlukan perintah yang memungkinnya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang diminta oleh pengguna. Perintah-perintah tersebut kemudian diproses oleh komputer hingga mendapatkan informasi dan disimpan didalam perangkat keras, yaitu (software) dapat Anda peroleh dalam bentuk disket maupun CD yang kini banyak dijual bebas. Jika anda memerlukan salinan informasi yang telah diproses oleh komputer, anda dapat menggunakan pointer sebagai alat pencetak informasi berupa teks maupun gambar.

b.Penggunaan Komputer dalam Kehidupan
Mungkin anda pernah berbelanja di supermarket dengan membeli berbagai macam produk yang anda perlukan. Ketika anda akan membayar di kasir, pernahkah anda mmperhatikan kasir menghitung belanjaan anda? Jika kasir tersebut menghitung tanpa menggunakan komputer, tentu saja dia akan kerepotan menghitung barang-barang belanjaan anda. Kini dengan adanya komputer semua barang belanjaan anda dapat dihitung dengan mudah dan cepat. Itulah salah satu contoh penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari yang dapat anda temukan.

Contoh lainnya yang dapat anda temukan, yaitu pada mesin ATM yang dapat mengeluarkan uang dengan praktis. Mesin ATM dapat berfungsi ketika anda memasukan nomor kode khusus dan jumlah uang yang diminta.
Selain dapat digunakan sebagai komputer pribadi, computer dapat juga digunakan di dunia perkantoran dan industri. Seperti yang anda lihat di bank. Ketika anda menabung atatu mengambil sejumlah uang, kasir bank akan memprotes data diri anda dengan menggunakan computer.

Cobalah anda temukan contoh lain penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]filemaker pro 10 bible, [url=http://firgonbares.net/]made to order software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] autocad shareware buy software online india
discount microsoft office for students [url=http://firgonbares.net/]coreldraw graphics suite[/url] oem software
[url=http://firgonbares.net/]software store template[/url] windows xp oem software
[url=http://firgonbares.net/]software lowest prices[/url] latest downloadable software
cheap copy of microsoft office [url=http://firgonbares.net/]buy wholesale software[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]purchase ordering software, [url=http://murudobaros.net/]autocad tutorials[/url]
[url=http://murudobaros.net/]no puedo instalar windows vista en mi psp[/url] adobe software trials can i sell used software
windows xp activation [url=http://murudobaros.net/]xp home oem software[/url] real world camera raw with adobe photoshop cs3
[url=http://murudobaros.net/]mobile educational software[/url] filemaker pro tab layouts
[url=http://murudobaros.net/]office work software[/url] acdsee 8 ratings
office software to buy [url=http://murudobaros.net/]coreldraw 11 user guide[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buying oem software, [url=http://vonmertoes.net/]office software discounts[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] office 2002 software oem software definition
kaspersky activation code [url=http://hopresovees.net/]software to buy uk[/url] side by side comparison of indesign cs3 and quarkxpress 7
[url=http://bariossetos.net/]buy computer software online[/url] buy cheap software online
[url=http://vonmertoes.net/]Creative Suite 4 Master[/url] 9 Advanced Mac Retail
adobe trial software [url=http://bariossetos.net/]free autocad blocks[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]2008 software prices, [url=http://hopresovees.net/]oem software store[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] buy cheap computer software discounted microsoft office software
when did adobe buy macromedia [url=http://bariossetos.net/]cheap pdf software[/url] lp software store
[url=http://bariossetos.net/]filemaker pro 6 download[/url] old software for sale
[url=http://hopresovees.net/]buy second hand software[/url] academic discount on software
free software for adobe [url=http://hopresovees.net/]egghead discount software[/b]